Tentang Berbagi


Pada tau gak kalo tingkat pendapatan perkapitan di Indonesia itu masih rendah? Berdasarkan data yang dikutip dari website berpendidikan.com, di antara negara-negara anggota ASEAN, Indonesia menempati urutan kelima setelah Singapura, Brunei Darussalam, Malaysia, dan Thailand  dengan pendapatan perkapita mencapai 4.380 dollar Amerika Serikat (data tahun 2011). Pendapatan perkapita ini nih yang mencerminkan tingkat kemakmuran suatu negara. Setelah melihat data di atas, bisa disimpulkan dong ya, kalau Indonesia itu rakyatnya belum sepenuhnya makmur dan sejahtera. Kalaupun ada yang makmur dan sejahtera, masih masyarakat kurang sejahtera dengan tingkat penghasilan relatif rendahlah yang mendominasi.

Setelah penjabaran panjang lebar di atas, apa sih yang sebenarnya pengen aku omongin? Teman-teman pasti tau aplikasi Gojek dan layanan-layanan yang disediakannya, kan? Buat yang belum tau aku jelasin sedikit aja tentang layanan yang plaing populer, Go-ride itu layanan ojek, Go-car itu sama kayak Go-ride tapi pakai mobil, Go-food itu layanan perantara beli makanan, jadi kita cuma perlu duduk nungguin makanan kita datang aja, Go-send itu layanan untuk mengirim barang ke suatu tempat, dan Go-box itu layanan buat bantuin kalau lagi pindahan. Pengguna aplikasi Gojek pasti tau kalau tarif yang ditawarkan oleh perusahaan itu memang tergolong murah dan terjangkau.

Aku mau ceritain sedikit pengalamanku. Beberapa hari yang lalu, waktu aku lagi mager dan laper banget dan pas lagi gerimis, aku pesan makanan pakai layanan Go-food. Bapak yang beli makanan aku ini pokoknya baik deh, ngomongnya lembut dan ramah, trus gak terkesan buru-buru gitu deh pokonya kayak takut pulsanya habis. Lumayan lama sih Bapaknya ini nganterin makanan ke aku, tapi yaudah lah ya namanya juga aku lagi butuh, jadi aku tungguin aja. Seingatku, makanan yang aku pesan ini menghabiskan 38 ribu, udah sama ongkos Bapaknya. Karena aku gak punya uang pas, aku kasih aja 40 ribu ke Bapaknya dan waktu Bapaknya mau balikkin 2 ribuku aku bilang gak usah. Ya, 2 ribu doang gitu, kan, ngapain sih pelit banget minta kembalian.
“Mbaknya anak kosan, saya balikkin aja, lumayan buat disimpan.”
“Gak usah, Pak, gapapa, gak usah dibalikkin.”
Gak lama kemudian, akhirnya Bapaknya menyerah dan menerima kembalian 2 ribu itu. “Makasih banyak, Mbak.”

Sehabis dapat makanan, aku yang udah laper banget ini langsung aja makan. Di pertengahan kegiatan makanku ini, ada SMS masuk isinya gini, “Makasih banyak ya, Mbak untuk tambahan rezekinya buat saya hari ini. Semoga selalu diberikan rezeki dan cepat sukses. Ini dari Go-food yang tadi.”
Kaget sih aku. Bapaknya bilang gitu seakan-akan aku ngasih Beliau uang yang banyak padahal heyyy itu cuma 2 ribu, benar-benar cuma 2 ribu. Yang ada aku malu Bapaknya bilang gitu. Tapi, setelah aku mikir lama, aku jadi senang, sih. Senang bisa berbagi rezeki sama orang lain, senang bisa menyisihkan uang untuk orang yang membutuhkan even it’s just a thousand rupiah, senang bisa buat semangat orang yang lagi kerja gak padam, senang bisa buat orang senang walaupun itu cuma sehari, dan aku senang bisa didoain yang baik-baik sama orang lain.

Aku gak bermaksud pamer kalo aku melakukan hal yang baik. Aku cuma mau mengkaitkan dengan hal-hal yang aku omongin tadi soal kesejahteraan dan kemakmuran. Kesejahteraan dan kemakmuran orang-orang seperti itu ada di tangan kita semua. Gak ada salahnya hal tersebut kita mulai dengan memberikan uang kembalian kepada mereka. Mungkin memang gak seberapa buat kita, tapi bayangkan uang yang gak seberapa itu banyak banget manfaatnya buat mereka. Aku gak nyuruh buat ngasih uang kembalian sebanyak mungkin dan sering-sering, kok. Aku juga tau kalau kebiasaan dikasih lebihan melulu lama-lama mereka bakal keenakan dan males kerja. Ya sekali-sekali mungkin boleh dicoba buat menyumbangkan sedikit kesejahteraan yang kita punya buat orang lain karena semakin sejahtera masyarakatnya, semakin sejahtera juga negaranya.

Selamat malam, selamat beristirahat!


Comments

Popular posts from this blog

Meet My Sister

Mengalah Bukan Berarti Kalah

Quality Time With Myself