Self Reminder

Apakah ada orang yang tidak pernah merasa menyesal? Kalo menurutku, sih gak mungkin ada. Mungkin ada beberapa yang gak sadar bahwa dia pernah menyesali sesuatu karena hanya berkaitan dengan hal-hal kecil seperti: "Duh, coba aja tadi berangkatnya lebih cepat, pasti gak bakal kena hujan.", "Coba aja tadi bangun lebih pagi, pasti gak ketinggalan kelas pertama.", dan lain-lain. 

Lebih mirip keluhan kali, ya? Tapi itu merupakan bentuk penyesalan, lho. Berdasarkan contoh di atas, bentuk penyesalannya adalah menyesal tidak berangkat lebih cepat dan menyesal tidak bangun pagi. Jadi, sebenarnya keluhan itu datang dari sebuah penyesalan. Bahkan ketika mengeluh "Duh, capek" aja tandanya kamu menyesal telah melakukan kegiatan pada hari itu. 

Coba lihat ke belakang lagi, apa gunanya kita menyesali sesuatu yang telah terjadi? Ya, bisa dijadikan pelajaran memang. Tetapi, sebenarnya pantaskah kita menyesal? Menurut pendapatku sih enggak. Kemarin aku cerita ke mamaku, ceritain betapa menyesalnya aku tidak lolos seleksi berkas beasiswanya tanoto. Mamaku bilang, "semuanya memang udah diatur. Coba kemarin kamu lolos student exchangenya AFS, belum tentu kamu bisa dapat kuliah yang bagus tahun ini. Coba kemarin kamu gak masuk UGM, belum tentu kamu ketemu dan dapat teman-teman yang baik. Bayangkan aja, gimana kalau satu hal aja diubah di hidupmu, kamu belum tentu bisa kayak sekarang. Kamu bisa aja udah jadi gelandangan di jalanan."


Dulu sih aku nanggapinnya "it was so yesterday, ma" (re: basi). Kalo aku gagal dan tidak sesuai harapanku ya aku bakal menyesal, aku bakal nyalahin dan marahin semuanya. Kenapa gini, kenapa gitu, dan lain-lain. Tetapi, setelah mamaku ngomong gitu kemarin, sekarang aku lebih sadar aja kalau apapun yang terjadi pada hari kemarin, hari ini, maupun hari besok, ya disyukurin aja. Seberapa buruknya hari-harimu, disyukurin aja. Untung juga masih di bolehin hidup, kan? Don't forget to be grateful. Have a good day 🌼

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Mengalah Bukan Berarti Kalah

Meet My Sister

Quality Time With Myself